Selasa, 12 Desember 2017

Cinta Itu Dangdut



“Nanti ada waktunya elo ngerasa cinta itu terdengar seperti lagu dangdut. Sebagus apa pun lirik dan tampilannya, tetep aja terdengar kampungan.”
Kalimat ini diucapkan seorang teman ke gue ketika gue dulu cerita kalo lagi jatuh cinta. Kalimat yang waktu itu gue tanggapi sinis. Kini, sekitar 4 atau 5 tahun berselang, gue akhirnya ngerasain apa yang dia rasain dulu. Cinta terdengar sangat menggelikan di telinga.
Sebagai tempat sampah curhatan orang-orang, tentu saja gue harus menanggapi tetek-bengek romansa orang lain. Dan, iya. Hal itu bikin gue geli sendiri. Waktu ada temen yang cerita kalo dia lagi kasmaran, gue cuma cie-in, menanggapi positif, mendukung, dan kalau diminta, gue akan memberi saran. Ketika ada yang curhat soal permasalahan asmaranya, gue kadang cuma diem dan menyimak. Sesekali melontarkan pendapat. Terus, apa masalahnya? Gue sama sekali gak antusias dalam menanggapi curhatan-curhatan tersebut. Beda sama dulu. Entah karena capek, entah karena ngerasa cinta-cintaan cuma gitu-gitu aja, entah karena gue udah kering banget. Gue gak paham. Kemudian, gue mikir dan mengoreksi hidup gue.
Hasilnya, gue nulis ini. WKWKWK
Kalo dipikir lagi, semua ini dimulai sekitar 2 tahun yang lalu. Mungkin lebih. Waktu itu, gue ngerasa udah males cinta-cintaan. Pernah suatu hari gue bilang ke temen gue kalo gue ngerasa udah gak bisa lagi jatuh cinta. Dan hal itu memang terjadi. Karena waktu itu gue deket sama beberapa wanita dan gak ngerasain apa-apa. Sampai suatu ketika gue ketemu seseorang yang bisa bikin gue ngerasa nyaman dan tentram. Dan setelah gue pikir ulang, itu kayaknya bukan jatuh cinta. Mungkin itu perasaan sayang yang muncul setelah hampir setiap hari ditempa dan diasah. Waktu itu posisinya juga sama, dia udah ngerasa muak dan ngerasa gak bisa lagi jatuh cinta. Mungkin karena persamaan itulah kami akhirnya tanpa sadar jadi deket dan saling nyaman satu sama lain. Akhirnya, gue sama dia jadian. Melawan dunia. Melawan pendapat orang-orang. Karena kami beda agama. Iya. Mungkin kami udah sama-sama putus asa dan ngerasa gak akan ada lagi cinta yang lewat kalau kesempatan ini dilewatkan begitu aja. Kami nekat. Tapi, pada akhirnya gue yang nyerah. Atau mungkin kami sama-sama nyerah dengan keadaan.
Setelah hubungan itu berakhir, gue semakin geli sama cinta-cintaan. Sempet galau lama, gue dipertemukan dengan beberapa wanita lain. Tapi ya gitu, entah karena ngerasa ini bakal sia-sia atau emang udah males, hati gue sama sekali gak bergeming. Sampai akhirnya mereka pergi semua. Gue galau? Nggak. Nyesel? Kadang. Kalo dipikir lagi, gue kok songong amat ya. Padahal ada yang mau aja sukur. Bahahaha.
Tapi, setelah berbagai kejadian di bulan Februari dan Maret, gue akhirnya punya pacar lagi di bulan April. Prosesnya sama kayak yang beda agama. Karena udah deket dan ngerasa cocok satu sama lain, yaudah lah. Biasa banget ya alesan gue. Kampret.
Hubungan kami pada akhirnya gak berjalan lama. Sekitar 3 bulan. Padahal, kami adalah pasangan kompak. Absurd-nya sama, tontonan sama, bacaan lumayan sama, hobinya sama, sering main game bareng, saling rekomendasikan sesuatu, sejak sama dia gue jadi lumayan rajin sholat sama kuliah, dan yang lebih penting, dia salah satu orang yang narik gue dari lumpur depresi. Tapi mungkin karena terlalu sempurna dan kesempurnaan hanya milik Tuhan semata, beberapa hari setelah lebaran, gak ada angin gak ada hujan, dia tiba-tiba minta putus tanpa gue tahu penyebabnya sampe sekarang.
Sedih? Iyalah kampret. Gue kadang masih menyayangkan kenapa kami yang cocok banget itu harus pisah. Tapi, sekali lagi. Cinta sudah sangat dangdut dan terasa sangat menggelikan. Mau galau malu, mau meratap ngapain, mau nyari yang baru udah males. Endingnya, ya cuma mentok di situ-situ aja.
Nah, karena udah terlanjur asik sendiri dan merasa cinta itu dangdut… kayaknya gue mau jadi seorang Jedi aja. Meski sampai akhir hayat sendirian, tapi tetap terhormat di mata orang lain.

*BRENGSEK! TULISAN PANJANG LEBAR BEGINI CUMA BUAT PEMANASAN REVIEW FILM THE LAST JEDI!*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar